Beranda | Artikel
Cara Agar Bisa Memiliki Akhlak Mulia - Ensiklopedi Akhlak (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)
Kamis, 19 November 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ringkasan Kajian Ensiklopedi Akhlak

Cara Agar Bisa Memiliki Akhlak Mulia

Pada umumnya, manusia memiliki akhlak jabaliyah dan akhlak muktasabah. Akhlak jabaliyah adalah akhlak yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir, bisa jadi warisan dari gen orang tuanya. Jadi sejak lahirnya memang sudah demikian. Jika orang tua sifatnya suka menolong orang lain dan suka membantu, maka bisa jadi anaknya memiliki sifat yang sama, tanpa perlu diusahakan.

Akhak muktasabah adalah akhlak yang diperoleh melalui usaha dan perjuangan. Misalnya, jika seseorang memiliki sifat pelit dan kikir serta tidak memiliki kepedulian kepada orang lain. Kemudian, dia mengaji belajar ilmu agama, akhirnya dia mengetahui tentang keutamaan sifat dermawan, sifat suka menolong, dan sifat-sifat mulia lainnya, dan jadilah dia orang yang dermawan. Dia berusaha dengan sekuat tenaga agar bisa berubah menjadi orang yang lebih baik dan memiliki sifat kedermawanan.

Jadi akhlak seseorang sebenarnya bisa berubah dan diusahakan. Salah satu faktor pentingnya juga adalah faktor teman dan lingkungan.

Simak selengkapnya penjelasan tentang “Cara Agar Bisa Memiliki Akhlak Mulia” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahulllah melalui rekaman audio yang kami sediakan atau dengarkan langsung melalui player. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Ensiklopedi Akhlak

Jangan lupa untuk turut berbagi link donwload ceramah ini ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga bermanfaat bagi amal kita dan saudara Muslimin kita.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/17223-cara-agar-bisa-memiliki-akhlak-mulia-ensiklopedi-akhlak-ustadz-abu-haidar-sundawy/